TfdiGfr7GSW0BSrpGUz6BSA9TA==

5 Rekomendasi Taman Kota Solo untuk Liburan Keluarga yang Murah Meriah

5 Rekomendasi Taman Kota Solo untuk Liburan Keluarga yang Murah Meriah
Taman Tirtonadi termasuk dalam daftar destinasi wisata keluarga yang direkomendasikan untuk dikunjungi. (Dok. Dinas Pariwisata Surakarta)

IDNHits.com - Solo adalah sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah, memancarkan pesona kekayaan budaya dan keindahan alam yang tak tertandingi.

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia, Solo telah lama menjadi magnet bagi para pelancong yang ingin mengeksplorasi pesona alam dan warisan budaya yang tak ternilai harganya.

Salah satu daya tarik utama di kota ini adalah keberadaan beragam taman hijau yang mengundang untuk dinikmati. 

Dengan segala keunikan dan keindahannya, taman-taman di Solo menjadi tempat istimewa untuk bersantai sambil merasakan kedamaian dan keindahan alam di tengah hiruk-pikuk perkotaan.

Dalam artikel ini, kami akan membawa Anda untuk menjelajahi beberapa pilihan taman yang memikat di Solo, tempat di mana alam dan budaya bersatu dalam harmoni yang memukau. Simak daftar rekomendasinya di bawah ini.

1. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari Surakarta yang juga dikenal sebagai salah satu destinasi taman terkenal di Solo, menawarkan pengalaman yang mengagumkan bagi pengunjungnya.

Taman ini bukan hanya sekadar tempat rekreasi, tetapi juga menjadi bagian bersejarah dari Solo yang telah ada sejak tahun 1899. Taman ini, yang dahulu merupakan taman kota, mengalami transformasi menjadi kawasan rekreasi pada tahun 1901.

Setiap tahun, banyak wisatawan yang datang untuk menjelajahi pesona Taman Sriwedari Surakarta. Selain menikmati suasana taman yang asri, pengunjung juga dapat menikmati berbagai pertunjukan yang diadakan di sini.

Jika Anda berencana mengunjungi Taman Sriwedari Surakarta, lokasinya terletak di Jalan Slamet Riyadi Nomor 275, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, yang membuatnya mudah dijangkau untuk para wisatawan.

2. Taman Balaikota Solo

Salah satu pilihan taman yang populer dan menarik di Solo adalah Taman Balai Kota Solo. Taman ini dikenal karena menyajikan suasana yang nyaman dengan udara yang sejuk dan segar.

Taman Balai Kota Solo memiliki lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, sesuai dengan namanya. Karena alasan ini, banyak wisatawan dari berbagai daerah memilih taman ini sebagai tujuan liburan mereka.

Sore hari adalah waktu yang ideal untuk mengunjungi dan menjelajahi Taman Balai Kota Solo. Selain itu, taman ini sering menjadi lokasi untuk acara budaya yang menarik.

Jadi, datanglah ke taman ini bersama keluarga Anda saat berada di Solo, dan nikmatilah momen berharga bersama mereka di tempat wisata yang istimewa ini.

3. Taman Tirtonadi

Taman Tirtonadi, sebuah destinasi ikonik di Solo, memancarkan daya tariknya sejak diresmikan pada 2019 lalu.

Terletak dengan sangat strategis di depan Terminal Bus Tirtonadi, taman ini sering menjadi tempat istirahat bagi penumpang bus yang singgah sejenak.

Salah satu hal yang membuat Taman Tirtonadi begitu menarik adalah adanya jembatan yang melintasi sungai.

Yang membuatnya semakin unik, jembatan ini terbuat dari material kaca yang menghasilkan pemandangan yang luar biasa. Atap jembatan ini juga dirancang dengan estetika yang memukau, sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk berfoto indah.

Tak hanya cocok untuk berkumpul bersama keluarga, taman ini juga merupakan tempat yang ideal untuk nongkrong bersama teman-teman, membuatnya menjadi destinasi yang multifungsi bagi semua jenis wisatawan.

5 Rekomendasi Taman Kota Solo untuk Liburan Keluarga yang Murah Meriah
Taman Cerdas Jebres, Solo. (Dok. Disbudpar Surakarta)

4. Taman Cerdas Jebres

Taman Cerdas Kelurahan Jebres, atau yang dikenal sebagai Taman Cerdas, adalah salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi saat berada di Solo.

Taman ini menawarkan lokasi yang sangat strategis, terletak dekat dengan kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Taman ini telah menjadi favorit para wisatawan yang mencari tempat rekreasi yang lengkap dan menyenangkan.

Fasilitasnya meliputi perpustakaan, gazebo, ruang bermain anak-anak, ruang IT, teater terbuka, ruang gamelan, dan banyak lagi. Yang menarik, semua fasilitas ini dapat dinikmati oleh pengunjung tanpa dipungut biaya.

Dengan luas sekitar 3,5 hektar, taman ini juga memiliki ikon khas berupa relief tokoh proklamator Indonesia, Soekarno-Hatta, dan pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Saat berada di Solo, Taman Cerdas ini merupakan destinasi wajib untuk liburan bersama teman atau keluarga, menghadirkan pengalaman yang berharga di tengah pesona kota ini.

5. Taman Ngesus Penggawan

Taman Ngesus Punggawan, yang terletak di Solo, adalah sebuah surga yang patut dikunjungi oleh siapa pun yang mencari ketenangan dan kegembiraan di tengah kesibukan kota.

Dengan lokasi yang sangat strategis, taman ini menawarkan pelarian dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan.

Saat Anda memasuki taman ini, Anda akan merasakan hembusan udara yang segar dan sejuk, memberikan perasaan nyaman dan santai yang sangat diinginkan oleh para pengunjung.

Namun, keistimewaan taman ini tidak berhenti di situ. Fasilitas yang ada di dalamnya menghadirkan berbagai pilihan hiburan untuk berbagai kalangan.

Khususnya, Taman Ngesus Punggawan menyediakan beragam permainan yang dirancang khusus untuk anak-anak. Ini menjadikannya tempat yang sempurna untuk keluarga yang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Anak-anak dapat bermain, berlarian, dan menjelajahi dengan aman, sementara orang dewasa dapat duduk bersantai sambil menikmati momen berharga bersama.

Selain itu, kebersihan taman ini adalah salah satu hal yang patut dicontoh. Lingkungan yang terjaga dengan baik menambah daya tarik taman ini. Ini adalah tempat yang sempurna untuk berjalan-jalan sore atau hanya duduk-duduk santai sambil menikmati keindahan sekitarnya.

Untuk mengunjungi Taman Ngesus Punggawan, Anda dapat dengan mudah menuju Jalan Gajahmada, Punggawan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Jadi, jika Anda merindukan momen tenang di tengah kota, tempat ini adalah pilihan yang sempurna.

Dengan segala keindahannya, Taman Ngesus Punggawan adalah tempat yang memikat dan berharga untuk dinikmati oleh semua.



Ketik kata kunci lalu Enter