TfdiGfr7GSW0BSrpGUz6BSA9TA==

6 Makanan dan Jajanan Khas Balikpapan, Sekali Icip Kuliner Ini Bakal Ketagihan

6 Makanan dan Jajanan Khas Balikpapan, Sekali Icip Kuliner Ini Bakal Ketagihan
Onde-onde ubi ungu merupakan salah satu jajanan khas Balikpapan yang cukup terkenal.

IDNHits.com - Balikpapan, sebuah kota yang menyuguhkan keberagaman adat dan budaya, juga menjadi surga bagi para pecinta kuliner nusantara.

Di tengah pesona keberagaman ini, Balikpapan memiliki kekayaan hasil laut yang menginspirasi berbagai hidangan lezat dan sehat. Dari kepiting hingga cumi-cumi, semua bahan laut ini bisa menjadi sajian lezat dan bernutrisi jika disajikan dengan benar.

Penting untuk diingat bahwa konsumsi yang seimbang sangatlah penting, karena segala sesuatu yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Selama liburan, perjalanan kuliner menjadi salah satu pengalaman tak terlupakan. Warung-warung di Balikpapan menawarkan berbagai hidangan yang menggoda selera dan minuman segar seperti teh.

Oleh karena itu, dalam artikel ini membahas 6 makanan dan jajanan khas Balikpapan yang patut dicoba. Dengan begitu, Anda dapat merasakan kelezatan kuliner khas daerah ini dan sekaligus mengeksplorasi keindahan kebudayaan lokalnya.

1. Kripik Iron

Di kalangan wisatawan, mungkin nama "kripik iron" belum terdengar akrab. Namun, begitu Anda mencobanya sebagai oleh-oleh, Anda pasti akan terpesona.

Kripik ini adalah salah satu rahasia kuliner yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Mari kita selami lebih dalam.

Jadi, apa itu sebenarnya kripik iron? Secara sederhana, kripik iron adalah varian keripik yang terbuat dari singkong, bahan yang sudah tidak asing lagi bagi lidah kita.

Namun, inilah titik menariknya: ketika singkong biasanya menjadi lembut saat direbus atau digoreng, singkong yang digunakan untuk membuat kripik iron memiliki keunikan tersendiri.

Singkong ini tetap keras meskipun telah melalui proses penggorengan atau perebusan yang ekstensif. Hasilnya? Kripik yang sangat renyah dan gurih saat disantap.

Rasanya, tidak ada yang dapat mengalahkan sensasi kenyal dan renyah kripik iron saat Anda menggigitnya.

Ini adalah makanan ringan yang sangat direkomendasikan, terutama untuk para pecinta cemilan yang mencari sensasi "crunchy" yang tak tertandingi.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kripik iron saat berkunjung ke daerah ini. Ia adalah salah satu rahasia kuliner yang patut diungkapkan dan dinikmati.

2. Roti Mantau

Roti Mantau, sarapan khas Balikpapan yang telah meraih tempat istimewa di hati warga setempat. Roti ini adalah pilihan favorit untuk memulai hari dengan cita rasa yang gurih dan lezat.

Roti Mantau adalah bukti bahwa sarapan pagi tidak selalu harus manis dan berisi coklat.

Apa yang membuat Roti Mantau begitu spesial?

Jawabannya, rasanya yang gurih di luar adalah hasil dari proses penggorengan yang sempurna. Sementara bagian dalamnya begitu lembut dan menggoda.

Roti Mantau adalah sajian yang sangat versatile; Anda dapat menikmatinya dengan mencelupkannya ke dalam saus balado pedas atau saus lada hitam yang kaya rasa.

Namun, yang membuatnya semakin istimewa adalah saat Roti Mantau disajikan dengan pendamping daging kambing atau daging sapi yang memiliki cita rasa yang nikmat. Kombinasi gurih dari roti dan cita rasa lezat dari daging menciptakan harmoni yang sempurna di lidah Anda.

Tidak hanya lezat, Roti Mantau juga sangat terjangkau dengan harga sekitar 2.000 rupiah per potongnya.

Ini adalah sarapan yang tidak hanya memuaskan perut Anda tetapi juga dompet Anda. Jadi, jika Anda berkunjung ke Balikpapan, pastikan untuk mencicipi Roti Mantau ini sebagai cara yang sempurna untuk memulai hari Anda dengan kelezatan dari kuliner lokal yang autentik.

Abon kepiting khas Balikpapan
Abon kepiting juga cukup familiar di kalangan pecinta kuliner Balikpapan.

3. Abon Kepiting

Abon Kepiting, oleh-oleh khas Balikpapan yang wajib dicicipi oleh para pecinta abon. Jika Anda biasanya menemukan berbagai jenis abon seperti abon daging ayam, daging kambing, atau daging sapi di tempat lain, di Balikpapan Anda akan menemukan sesuatu yang istimewa: abon kepiting.

Abon ini adalah sebuah keistimewaan kuliner yang terbuat dari daging kepiting segar, yang menjadi ciri khas dari kota minyak Balikpapan. Anda dapat menemukan abon kepiting ini dalam berbagai ukuran kemasan yang terbungkus dalam plastik transparan yang menggoda selera.

Yang lebih menggembirakan, harga abon kepiting ini sangat terjangkau, menjadikannya pilihan buah tangan yang sempurna sebelum Anda meninggalkan kota ini.

Dengan membawa pulang abon kepiting, Anda tidak hanya membawa oleh-oleh yang lezat, tetapi juga mengenalkan cita rasa unik Balikpapan kepada teman-teman atau keluarga Anda.

Jadi, pastikan untuk mencicipi kelezatan abon kepiting saat Anda berkunjung ke Balikpapan dan mengambil sedikit keajaiban kuliner ini pulang bersama Anda.

4. Peyek Kepiting

Peyek Kepiting, sebuah kelezatan yang menggoda untuk para pecinta peyek dan penggemar olahan kepiting.

Di Balikpapan, Anda akan menemukan hidangan khas yang menggabungkan dua hal yang lezat ini: peyek kepiting. Ini adalah sajian yang gurih, renyah, dan pastinya nikmat. 

Balikpapan memang dikenal dengan hasil lautnya yang melimpah, terutama kepiting. Daging kepiting ini diolah dengan cermat menjadi peyek, dengan tambahan bumbu khas yang meningkatkan rasa gurihnya.

Hasilnya adalah peyek kepiting yang memiliki cita rasa yang unik dan menjadi pilihan yang sempurna sebagai pendamping makanan atau teman saat Anda menikmati secangkir kopi.

Saat Anda berkunjung ke Balikpapan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan peyek kepiting ini.

Selain cita rasa yang tak terlupakan, harga yang terjangkau menjadikan hidangan ini sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh atau sebagai camilan untuk memanjakan lidah Anda.

Jadi, nikmatilah sentuhan khas Balikpapan dengan mencicipi kelezatan peyek kepiting yang begitu menggoda.

5. Amplang

Amplang, makanan khas yang selalu diidamkan dan menjadi primadona oleh-oleh dari Balikpapan. Kerupuk ikan memang sudah menjadi favorit banyak orang, tetapi apa yang membuat kerupuk ikan Balikpapan begitu spesial adalah bahan dasarnya ikan belida.

Ikan belida adalah spesies ikan yang cukup langka dan jarang ditemui di tempat lain. Rasanya yang luar biasa nikmat dan teksturnya yang lembut menjadikan ikan belida bahan yang sempurna untuk membuat kerupuk amplang. Keunikan ini adalah salah satu daya tarik utama dari amplang Balikpapan.

Selain itu, kerupuk amplang Balikpapan juga menawarkan berbagai varian rasa yang menggoda. Anda dapat memilih sesuai selera, mulai dari yang pedas hingga yang manis.

Jadi, jika Anda masih ragu untuk membawa pulang oleh-oleh berupa kerupuk amplang, kami berani jamin, setelah mencicipinya, Anda akan ketagihan! Amplang adalah bukti bahwa cita rasa khas Balikpapan bisa membawa kenikmatan bagi setiap penikmat kuliner.

Amplang makanan khas Balikpapan
Amplang khas Balikpapan.

6. Onde-onde Ubi Ungu

Onde-onde di Balikpapan memiliki ciri khas yang istimewa. Biasanya, onde-onde terbuat dari bahan dasar tepung dengan isi kacang hijau dan taburan wijen. Namun, di Balikpapan, Anda akan menemukan varian onde-onde yang berbeda.

Onde-onde khas Balikpapan ini terbuat dari bahan dasar ubi ungu. Ubi ungu, selain memberikan cita rasa yang unik, juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh.

Isi dari onde-onde ini sangat beragam, mulai dari kacang hijau, keju, coklat, hingga rasa asli ubi ungu yang gurih. 

Yang membuat makanan khas Balikpapan ini semakin istimewa adalah taburan wijen yang digunakan, yaitu wijen hitam, yang tidak hanya memberikan rasa gurih tambahan, tetapi juga mempercantik tampilan onde-onde ubi ungu ini.

Onde-onde ubi ungu Balikpapan adalah bukti nyata bahwa makanan khas daerah ini selalu menghadirkan inovasi dan cita rasa yang unik.

Jika Anda berkunjung ke Balikpapan, jangan lupa untuk mencicipi kelezatan onde-onde ubi ungu ini sebagai oleh-oleh yang istimewa dari kota ini.



Ketik kata kunci lalu Enter