TfdiGfr7GSW0BSrpGUz6BSA9TA==

5 Jajanan Khas Bitung yang Cocok untuk Oleh-oleh Usai Liburan

5 Jajanan Khas Bitung yang Cocok untuk Oleh-oleh Usai Liburan
Jajanan khas Bitung yang cocok dijadikan oleh-oleh saat liburan.

Bitung, IDNHITS - Bitung adalah sebuah kota yang terletak di ujung utara Sulawesi. Tempat ini sudah lama dikenal sebagai surga kuliner bagi pecinta makanan laut dan hidangan khas Indonesia.

Selain terkenal sebagai pintu gerbang wisata bahari dengan keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan, Bitung juga memiliki banyak jajanan khas yang tak boleh dilewatkan.

Saat berkunjung ke kota ini, selain menikmati keindahan alamnya, tidak ada yang lebih baik daripada membawa pulang beberapa oleh-oleh kuliner khas Bitung yang lezat.

Dalam artikel ini, redaksi IDNHits.com merangkum di mana setidaknya ada 5 kuliner khas Bitung yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh usai liburan.

1. Pia Amurang

Pia Amurang, nama yang mungkin belum familiar di telinga banyak orang, namun memiliki kenikmatan yang patut untuk dijelajahi.

Jajanan ini adalah salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Bitung yang wajib Anda bawa pulang sebagai kenangan manis dari kota ini.

Pia Amurang adalah sejenis kue yang memiliki isian unik, gabungan antara gula dan kacang hijau. Keunikan terletak pada proses pengolahannya.

Kue ini dibalut dengan lapisan tepung dan kemudian dipanggang dengan hati-hati hingga mencapai tekstur yang sempurna.

Saat Anda mencicipi Pia Amurang, Anda akan disuguhkan dengan sensasi lembut yang tak terlupakan dan cita rasa yang khas.

Jajanan ini tidak sulit untuk ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Bitung, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk membawanya pulang sebagai kenang-kenangan.

Harga yang terjangkau, sekitar Rp 2.500,- per biji, membuat Pia Amurang menjadi pilihan yang ekonomis. Tidak hanya itu, kemasannya yang praktis dan menarik menjadikannya sebagai oleh-oleh yang ideal untuk dibagikan kepada keluarga atau teman-teman di rumah.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan Pia Amurang saat Anda berkunjung ke Bitung, dan pastikan Anda membawanya pulang untuk membagikan kebahagiaan kuliner ini kepada orang-orang terdekat Anda.

2. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu, mungkin sebutan yang baru terdengar, namun di dunia kuliner Bitung, ia memiliki tempat istimewa. Ini adalah salah satu oleh-oleh khas Bitung yang perlu Anda coba saat berkunjung ke kota ini.

Cakalang Fufu adalah hasil olahan ikan, khususnya ikan cakalang, yang menjadi bahan utama dalam pembuatannya. Dalam prosesnya, ikan cakalang diolah dengan cara yang unik, menciptakan cita rasa yang menggugah selera.

Salah satu yang membuat Cakalang Fufu menarik adalah kemasannya yang menawan dan praktis untuk dibawa pulang. Di Bitung, Anda dapat dengan mudah menemukan varian-varian Cakalang Fufu yang dikemas dengan apik, siap untuk dibagikan kepada teman dan keluarga di rumah.

Cakalang Fufu bisa diolah dengan berbagai cara, yang paling umum adalah dengan menggorengnya atau mengolahnya bersama bahan makanan lain.

Rasanya yang lezat dan khas menjadikannya sebagai salah satu kuliner wajib saat Anda berada di Bitung.

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan Cakalang Fufu yang khas ini saat berkunjung ke kota ini.

3. Pisang Goroho

Pisang Goroho adalah salah satu harta tersembunyi Bitung yang sebaiknya Anda jajal saat berkunjung dan mencari oleh-oleh khas daerah ini. Pisang Goroho adalah varian pisang asal Gorontalo yang terkenal dengan citarasa uniknya.

Pisang ini telah diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat, mulai dari pisang rebus, pisang goreng, pisang bakar, hingga keripik pisang.

Di Bitung, Anda dapat dengan mudah menemukan keripik pisang Goroho yang siap menjadi oleh-oleh untuk dibagikan kepada teman dan keluarga di rumah.

Salah satu hal yang membuat Pisang Goroho istimewa adalah tekstur renyah yang tak terlupakan. Ketika Anda mencicipi keripik pisang Goroho, Anda akan merasakan kenikmatan yang sulit untuk dihentikan.

Kemasan praktis dan menariknya juga menjadi daya tarik tersendiri, membuatnya menjadi pilihan yang sempurna sebagai kenang-kenangan dari Bitung. Jadi, pastikan untuk mencicipi kelezatan Pisang Goroho saat Anda berkunjung ke kota ini.

4. Panada

Panada adalah salah satu makanan istimewa yang bisa Anda temui di Bitung, Sulawesi Utara. Meskipun makanan ini memiliki akar sejarah dari Portugal, Panada telah menjadi bagian integral dari kuliner Bitung yang unik.

Panada adalah roti lembut yang diisi dengan ikan yang lezat dan gurih. Isian ikan ini biasanya menggunakan ikan cakalang yang dibumbui dengan bumbu panpis.

Bentuknya yang menyerupai pastel membuatnya terlihat menggoda. Roti lembut yang melapisi isian ikan ini menciptakan perpaduan tekstur yang sempurna.

Selain diminati oleh penduduk lokal sebagai camilan sehari-hari, Panada juga menjadi salah satu oleh-oleh paling dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Bitung.

Anda dapat dengan mudah menemukan Panada di toko roti atau toko oleh-oleh di Bitung. Pastikan untuk mencicipi lezatnya Panada saat Anda berada di kota ini, karena ia adalah salah satu harta kuliner yang tak boleh dilewatkan.

5. Dodol Amurang

Dodol Amurang adalah salah satu oleh-oleh yang sayang untuk dilewatkan saat mengunjungi Bitung. Meskipun berasal dari daerah Amurang, Anda dapat dengan mudah menemukan dodol ini di kawasan Bitung.

Dodol Amurang dibuat dengan campuran beberapa bahan berkualitas seperti gula aren, beras ketan, dan minyak kelapa. Hasilnya adalah dodol dengan rasa dan tekstur yang khas.

Dodol ini juga memiliki tampilan yang unik karena dibungkus dengan daun kelapa, memberikan sentuhan alami pada hidangan tersebut.

Selain kelezatan dan keunikan rasa, Dodol Amurang dijual dengan harga yang terjangkau. Kemasannya yang praktis dan menarik menjadikannya pilihan oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang dan dibagikan kepada keluarga dan teman-teman sebagai kenang-kenangan dari perjalanan Anda ke Bitung.



Ketik kata kunci lalu Enter