TfdiGfr7GSW0BSrpGUz6BSA9TA==

7 Bahan Alami yang Ampuh untuk Mengatasi Masalah Gatal-gatal

7 Bahan Alami yang Ampuh untuk Mengatasi Masalah Gatal-gatal
Ilustrasi. Masalah gatal-gatal kerap mengganggu. Karenanya butuh penanganan cepat untuk mengatasinya.

LIFESTYLE, IDNHITS - Gatal pada kulit adalah masalah yang seringkali menjengkelkan, bahkan bisa sangat menyakitkan jika kita tergoda untuk terus-menerus menggaruknya.

Banyak faktor yang dapat menjadi pemicu gatal, termasuk reaksi alergi yang tidak menyenangkan.

Ketika gatal muncul, insting alami kita adalah menggaruk untuk meredakan rasa tidak nyaman tersebut.

Sayangnya, tindakan ini sebenarnya kurang dianjurkan oleh para ahli kesehatan, karena bisa memicu masalah seperti kulit kering, bersisik, dan bahkan luka.

Jadi, bagaimana cara yang lebih baik untuk mengatasi gatal pada kulit tanpa merusaknya lebih lanjut? Salah satu solusi adalah menggunakan bahan-bahan alami yang seringkali tersedia di rumah kita.

Mari kita telaah beberapa obat gatal kulit yang berbahan alami yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengatasi masalah ini dengan lebih aman dan efektif.

1. Lidah buaya

Tidak ada yang bisa menyelamatkan kulit yang gatal dan kering seperti lidah buaya. Ini adalah tanaman yang memiliki sejuta manfaat untuk perawatan kulit, dan penelitian bahkan mendukung klaim ini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Iranian Journal of Medical Sciences dengan judul "The Effect of Aloe Vera Clinical Trials on Prevention and Healing of Skin Wound: A Systematic Review" menyoroti potensi lidah buaya dalam merawat kulit.

Mengoleskan gel lidah buaya ke kulit adalah cara yang efektif untuk meredakan iritasi akibat gatal atau kulit kering.

Kandungan dalam tanaman ini berperan penting dalam melembapkan kulit dan menjaga tingkat kelembapan yang cukup, sehingga membantu mengatasi masalah kulit yang umumnya tidak nyaman.

Kelebihan lain dari lidah buaya adalah sifat alaminya yang cenderung aman digunakan. Namun, selalu bijaksana untuk melakukan uji reaksi alergi sebelum menggunakannya secara luas.

Anda dapat melakukannya dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya ke telapak tangan Anda dan memantau reaksi kulit Anda selama beberapa jam.

Dengan mengintegrasikan lidah buaya ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda, Anda dapat mengalami manfaat dari tanaman ajaib ini tanpa khawatir akan reaksi yang tidak diinginkan pada kulit Anda.

2. Oatmeal

Selain menjadi sarapan yang sehat, oatmeal juga merupakan pilihan yang bagus untuk merawat kulit yang gatal.

Oatmeal memiliki sifat humektan, yang berarti ia mampu membantu melembapkan kulit Anda. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology dengan judul "Anti-inflammatory activities of colloidal oatmeal (Avena sativa) contribute to the effectiveness of oats in treatment of itch associated with dry, irritated skin" menemukan bahwa oatmeal mampu mengurangi masalah seperti kulit kering, kerak, dan intensitas gatal pada orang-orang dengan gatal ringan hingga sedang.

Cara mudah untuk mendapatkan manfaat kesehatan kulit dari oatmeal adalah dengan mencampurkan oatmeal yang berbentuk krim koloid ke dalam air mandi Anda.

Zat antiinflamasi dan antioksidan di dalamnya dapat membantu mengurangi rasa gatal, kulit kering, serta masalah kulit kasar atau keras.

3. Kunyit

Kunyit bukan hanya bumbu dapur, tetapi juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi gatal pada kulit.

Sebuah penelitian yang terdokumentasi dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine dengan judul "Clinical Evaluation of an Indian Polyherbal Topical Formulation in The Management of Eczema" melakukan penelitian terhadap 150 orang yang menderita eksim.

Mereka mengoleskan krim yang mengandung kunyit selama 4 minggu untuk mengatasi gatal-gatal tersebut.

Hasilnya mengejutkan, hampir 30-32 persen subjek penelitian mengalami penurunan gejala seperti kulit bersisik dan gatal.

Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan bakterisida. Senyawa ini membantu mengatasi peradangan dan rasa gatal pada kulit.

Namun, penting untuk dicatat bahwa dalam penelitian ini, krim kunyit juga mengandung ramuan antiinflamasi lainnya yang ikut berkontribusi pada perbaikan kulit.

4. Kompres air dingin

Mengatasi gatal pada kulit seringkali memerlukan tindakan yang sederhana, seperti menggunakan kompres dingin.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology dengan judul "Cooling the itch via TRPM8" menunjukkan bahwa kompres dingin dapat membantu meredakan rasa gatal yang seringkali mengganggu.

Namun, penting untuk diingat bahwa metode ini mungkin tidak cocok jika gatal muncul akibat kontak dengan air atau cairan tertentu, seperti tersiram air panas misalnya. Dalam kasus tersebut, kompres dingin justru dapat mengiritasi area yang terkena.

Untuk memaksimalkan efektivitasnya, Anda dapat mencoba meletakkan kantong es atau es batu yang sudah dibungkus dengan kain tipis ke permukaan kulit yang terasa gatal.

Lakukan ini sesering mungkin sampai rasa gatal mereda. Ini adalah cara yang sederhana dan efektif untuk mengatasi gatal pada kulit tanpa perlu produk khusus.

5. Air putih

Seringkali, gatal pada kulit bukan hanya masalah kulit itu sendiri, tetapi juga dapat menjadi tanda bahwa tubuh Anda membutuhkan lebih banyak cairan. Inilah saatnya untuk mencoba solusi yang paling sederhana dan efektif: minum lebih banyak air putih.

Dehidrasi dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda dengan berbagai cara, termasuk menyebabkan gatal yang tidak nyaman.

Dengan memperbanyak konsumsi air putih, Anda membantu tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik, yang pada gilirannya dapat meredakan gatal pada kulit.

Segera setelah Anda mulai minum lebih banyak air, Anda mungkin akan melihat perubahan positif dalam kenyamanan kulit Anda.

Ini adalah langkah sederhana yang bisa menjadi obat mujarab untuk mengatasi masalah gatal pada kulit Anda. Jadi, jangan lupakan peran penting air putih dalam menjaga kulit Anda tetap sehat dan nyaman.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa bukan hanya bermanfaat sebagai bahan masakan, tetapi juga memiliki sifat antiinflamasi yang luar biasa dan dapat digunakan sebagai obat untuk kulit yang gatal.

Bahan alami ini memiliki kemampuan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan pada kulit.

Selain itu, mengoleskan minyak kelapa pada kulit juga dapat meningkatkan kadar antioksidan. Ini berperan penting dalam menstabilkan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan juga membantu mengatasi peradangan yang menjadi penyebab utama gatal-gatal.

Sebuah studi yang terdokumentasi dalam European Journal of Pediatrics dengan judul "Clinical trial showing superiority of a coconut and anise spray over permethrin 0.43% lotion for head louse infestation, ISRCTN96469780" bahkan menunjukkan kekuatan penyembuhan minyak kelapa ketika dicampur dengan adas manis.

Hasil penelitian ini mengungkap bahwa kombinasi kedua bahan alami ini lebih efektif dalam mengatasi gatal pada kulit kepala dibandingkan dengan penggunaan permethrin, yang biasanya digunakan untuk mengobati infestasi kutu.

Jadi, minyak kelapa bukan hanya sekadar tren kesehatan, tetapi juga merupakan solusi alami yang ampuh untuk mengatasi masalah gatal pada kulit Anda.

7. Petroleum jelly

Kulit kering seringkali menjadi pemicu rasa gatal yang tak nyaman. Salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menjaga kelembapan kulit. Di sinilah peran petroleum jelly sangat berguna.

Dengan mengoleskan petroleum jelly pada area kulit yang sangat kering, Anda dapat mengunci kelembapan dan membantu kulit untuk tetap terhidrasi. Ini adalah solusi sederhana namun efektif untuk mengatasi gatal akibat kulit kering.

Namun, penting untuk diingat bahwa Anda sebaiknya tidak menggunakan petroleum jelly pada wajah, terutama jika Anda memiliki jenis kulit berminyak. Penggunaan petroleum jelly pada wajah yang berminyak dapat menyebabkan masalah kesehatan kulit yang tidak diinginkan.

Jadi, pastikan untuk menggunakan petroleum jelly dengan bijak dan hanya pada area yang memerlukan perawatan khusus.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Advertisement